Senin, 29 Maret 2010

LIMA PRINSIP MENGEVALUASI TUGAS

Buletin Dakwah Al-Kahfi Edisi 28 Tahun III/03 Dzulhijjah 1429 H/01 Desember 2008

1. Pengetahuan dan keterampilan

Pengetahuan dan keterampilan seperti apa yang dibutuhkan ?

Sebutkan berbagai pengetahuan yang aktual atau beberapa kualifikasi yang penting. Catatlah beberapa keterampilan yang mendukung pekerjaan, sesuai dengan tujaun.

Hitung juga, beberapa banyak pengalaman yang berhubungan dengan pekerjaan yang harus dikumpulkan jika suatu saat Anda harus merekrut atau mempromosikan kembali kegiatan yang sama.

2. Tanggung jawab

Catatlah hasil yang diharapkan dari tugas dan indikasikan apa dampak yang terjadi pada efisiensi, efektivitas ataupun reputasi. Catat pula pertanggung jawaban khusus yang meliputi sumber daya manusia, perencanaan materi dan peralatan.

3. Membuat keputusan

Yakinlah bahwa keputusan yang telah dibuat adalah suatu kesimpulan atau solusi yang tidak keluar dari bingkai permasalahan. Yakin pula keputusan yang diambil atas dasar kesepakatan anggota, sehingga jika terjadi sesuatu dan lain hati yang tidak dikehendaki adalah tanggung jawab bersama (tidak saling menyalahkan).

4. Kompleksitas

Catatlah variasi aktivitas yang berada di sekitar tugas. Hubungkan pula seberapa besar nilai hubungannya yang mendukung dengan tugas utama. Dengan demikian, Anda or loe-loe pada dapat membuang aktivitas yang kurang mendukung tugas utama.

5. Kontak

Dengan siapa seseorang melakukan kontak dalam melakukan tugasnya. Jalinlah kontak sesering mungkin (tentunya berkualitas) dengan orang-orang dalam organisasi itu sendiri ataupun organisasi lain yang bisa diajak bekerja sama berdasarkan nilai kepentingan dalam fungsi spesifik suatu tugas, sehingga memperoleh kejelasan informasi.

By: Eko Priadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar