Senin, 29 Maret 2010

“SKIZOFHRENIA, Apaan Sich????”

Buletin Dakwah Al-Kahfi Edisi 29 tahun IV/19 Muharram 1430H/16 Januari 2009

Sobat BDA yang makin caem aja, nih ada info keren lho...!! Mau tau ga’ nih? Pernah denger tentang yang namanya “skizofhrenia” ga’?

Eits, jangan salah..ni bukan nama hewan atau sejenis makanan ringan lho..!! Tapi ni salah satu jenis penyakit yang cukup langka. Wow...!! kayak gimana tuch..? jadi penasaran nie? Emm...langsung aja deh..

“Skizofhrenia” adalah sekelompok gangguan kejiwaan pada kepribadian, penyimpangan proses pikir yang khas, terkadang merasa dirinya dikendalikan kekuatan lain dari luar paham/keyakinan aneh (misalnya mampu berinteraksi dengan makhluk halus), gangguan persepsi, halusinasi auditorik (suara2 yang saling berdiskusi di dalam dirinya atau suara halusinasi yang berasal dari salah satu anggota tubuh), sikap sangat apatis, jarang berbicara/autisme, respons emosi yang tidak wajar dan berakibat menarik diri dari sosial masyarakat, tetapi bukan disebabkan depresi ato pengaruh obat-obatan tertentu.

Penyebabnya sih belum diketahui secara pasti, tetapi diduga faktor genetik (keturunan) berperan penting. selain itu faktor lingkungan dan kejiwaan juga berperan. Unutk mengetahui apakah seseorang terkena skizofhrenia harus dilakukan pemeriksaan teliti oleh dokter,. Karena konsekuensi penyakit ini membutuhkan penanganan serius dan sistematis oleh ahlinya, terutama dokter ahli jiwa. Serta dukungan (support) penuh dari keluarga dan lingkungannya.

Nah, sobat BDA udah pada ngerti kan ? Bagi antum/antunna yang merasakan gejala tersebut, buruan deh periksain ke ahli jiwa (psikiater). Siapa tau mengalami gangguan kejiwaan..(he..he..) Canda lho..! Tapi kalo emang bener ada, mudah - mudahan ada jalan keluar yang membantu keluhan antum itu.. Jangan lupa perbanyak dzikir dan do’a kepada Allah SWT untuk memohon ketenangan jiwa.

By: Mustika Roseka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar