Senin, 29 Maret 2010

Menuju Sukses

Buletin Dakwah Al-Kahfi Edisi 30 tahun IV/03 Rabi’ul Awal 1430H/28 Februari 2009

Islam menginginkan agar umatnya meraih kesuksesan baik ketika hidup di dunia, maupun di kehidupan akhirat kelak. Kesuksesan tidak datang dengan sendirinya bagaikan hujan turun dari langit. Namun kesuksesan itu harus kita capai dengan kerja keras dan pengorbanan. Karena Allah Subhanahu wata’ala tidak akan merubah nasib seseorang kecuali orang itu sendiri yang merubahnya.

Ada 7 langkah untuk sukses. Kepingin gak sih kamu hidup sukses ? Pertama kamu harus tahu sukses itu apa sih ?? Sukses bukan sekedar kata - kata yang indah, melainkan sukses merupakan suatu usaha yang dari ke hari semakin bertambah baik, “hari ini lebih baik dari kemarin (today is better than yesterday).” Sebagaimana disebutkan dalam hadits, “Siapa yang hari ini lebih baik dari kemarin, maka ia beruntung. Siapa yang hari ini sama dengan kemarin maka ia merugi, Dan siapa yang hari ini lebih buruk dari kemarin, maka ia celaka.”

Sekarang kita mesti tahu juga bagaimana cara hidup sukses itu. Mau tau gak caranya..? Udah deh...gak usah pikir panjang, ini nih caranya kita kasi tahu deh buat para pembaca BDA yang budiman...!! Cara yang pertama adalah...

  1. Desainlah Impian.

Potret kisah seorang Aladin. Jin yang membuat Aladin memperoleh 3 keinginan. Seandainya kita Aladin, maka buatlah 3 keinginan yang baik untuk masa depan nanti.

Mulanya kamu harus tulis semua keinginan (impian) itu melalui imajinasimu, desainlah seindah mungkinseindah mungkin dan wujudkan dalam kehidupanmu. So! kamu bakalan dapat mewujudkan jika kamu benar2 serius.

Menggapai cita2 juga harus menggunakan kreatifitas imajinasi, yaitu melallui pandangan masa depan kamu. Misalnya pandangan tentang cita2 kamu, perkembangan karir kamu, model keluarga yang di inginkan di masa depan & kualitas spiritual kamu dimasa depan. Cobalah dengan serius, insya Allah akan berhasil.

  1. Arahkan Minat dan Bakat.

Seseorang tidak dapat sukses bila yang dilakukan/diperbuatnya tidak sesuai dengan minat dan bakatnya.

Arahkan semua minat dan bakat kamu kearah yang positif dan benar2 kamu kuasai and sangat kamu sukai dong.. Seperti kamu seneng banget sama pelajaran Fisika, tapi kamu malah nyasar ke jurusan IS, ya gak nyambung tau..!! Jangan lupa, kita juga harus belajar.

  1. Hidupkan Semangat dan Gairah.

So! Kamu harus semangat dan bergairah dalam melaksanakan segala kegiatan di dalam hidupmu. Ok! Tetap semangat ya..!! Allahu Akbar!!!

  1. Siapkan Strategi dan Teknik

Untuk menyiapkan strategi dan teknik dalam belajar, kamu harus tau kata kuncinya. Nih BDA kasih tau kata kuncinya adalah SAIL (kapal).

1) S= Serius Santai (sersan).

Kalau belajar itu harus serius tapi santai. So! Cari donk teknik belajar yang keren-keren and kamu sukai. Semoga kamu sukses dihari esok.

2) A= Aktifkan 5 Indera

Maksudnya ialah memfungsikan semua indera kita. Contohnya nih, kamu menghafal harus menggunakan mata untuk melihat bacaan, menggunakan mulut untuk mengucapkan bacaan, menggunakan telinga untuk mendengar bacaan yang kamu baca, menggunakan otak untuk mengingat dan menggunakan tangan untuk menulis apa yang kamu baca tadi. Cara ini agar kamu lebih gampang untuk mengingat apa yang kamu baca.

3) I= Ikuti Intuisi

Terkadang jika menjawab pertanyaan pilihan berganda, kita sering gak PD . Percaya sama teman, eh! ternyata jawabannya salah. “Duh..nyesel deh ngikuti dia” ucap kamu dalam hati ketika kamu tahu jawaban kamu yang pertama bener.

Makanya, gunakan intuisimu agar kamu dapat lebih PD menjawab segala pertanyaan jika kamu merasa kurang yakin akan jawabanmu.

4) L= Luapkan Ekspresi.

Ekspresi harus di luapkan, mana tahu hal itu merupakan keahlianmu dan moga-moga aja jadi bakat yang dapat menghasilkan money..

By: Eko Priadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar