Sabtu, 15 Januari 2011

Gaya Belajar Ala Rujak Party

Buletin Dakwah Al-Kahfi Edisi 33 Tahun V/ 16 Mei 2009 / 20 Jumadil Awal 1430 H.

“Entar lagi mo ujian, gimana nih? dah ku belum ngafal?” (curhat seorang pelajar kepada sahabatnya di sebuah pohon rindang)

“Duh...seneng banget? entar lagi ujian! aku bakalan naik kelas. Hore.. senangnya hatiku” (berceloteh di dalam hati dan senyum-senyum sendiri di dalam angkot, kirain orang dia lagi jatuh cintah tau stress ni orang!)

“Lah! entar ujian tinggal ngejawab doang. Pa susahnya sih? paling kalo naik ya syukur, kalau tinggal gak mungkinlah. Santai aja, kan ada wali kelas” (seorang sahabat menasehati si kutu buku agar ia santai aja ngadapin ujian).

Nih! kisah temen-temen kamu yang campur aduk ala rujak party pas lagi mau ngadapin ujian kenaikan kelas. Kamu ngerasa kayak mereka gak? kalau gak berarti kamu sedikit normal, banyak gak normalnya. Seorang pelajar yang mo ngadapin ujian pasti ada yang bingung, seneng, atau nyantai gak jelas. Bagi yang rajin belajar pasti enjoy aja.. tapi bagi kita yang gak serius selama 1 tahun, ayo...gimana, “bisa gak ya naik kelas..?" kalau belajar dari sekarang telat gak ya?. Oh..No!! gak da yang namanya telat. setelah baca tips belajar ala rujak party dari BDA kamu buruan semangat belajar ya.. Ok!!

Mulanya, kamu harus tahu gimana gaya belajar kamu. Buah mangga : Kamu suka belajar dengan cara dengeri musik, pokoknya suasananya gak sepi senyap, buah jambu : suka dengan yang tenang dan damai, buah nanas : kamu suka melihat gambar-gambar di buku, dengan cara ini kamu jadi semangat belajar. Ada tiga buah di dalam rujak ini, kamu pilih yang mana?

One : Buah mangga : kamu belajar bisa fokus kalau lagi dalam keadaan bahagia, kamu gak bisa belajar kalau lagi gak mood, kamu juga mudah bosan, jadi kalau dah ngerasa capek belajar cari aja objek lain yang bisa ngebuat kamu sedikit enjoy, setelah itu konsentrasi lagi belajar. Buat kegiatan belajar kamu heppy2 aja guys.

Loro : Buah jambu : kamu paling gak bisa kerja kelompok kalau di dalamnya ada acara makan-makan taw temen kamu ada yang ngobrol aja. Bisa-bisa kamu sama sekali gak belajar malah kamu jadi gondok sama temen kamu itu. Lebih baik kamu belajar di bawah pohon, santai, ada jus dingin di samping kamu, angin semilir, dan aku yakin kamu lebih fokus belajar. ataw diam di kamar pasti lebih seru! Tapi jangan paksa diri kamu, biasanya orang kayak kamu bisa lupa waktu kalau belajar. Santai guys!

Tsalasatun : Buah nanas : coba kalau kamu lagi ngedengerin guru lagi nerangi, kamu coba-coba aja gambar-gambar di buku kamu yang ngebuat kamu lebih ngerasa asik dalam belajar. Dengan adanya gambar tersebut, kamu ngerasa seneng banget tu ngulang pelajaran, gak apa walau gambar kamu jelek tapi aku yakin kamu pasti bisa merasa bahagia ketika suatu saat kamu melihat gambar itu lagi. Pasti hal itu bisa jadi kenangan kamu.

Coba kamu pilih salah satu gaya belajar ini kalau kamu juga belum bisa belajar dengan enak kamu bisa kirim sms ke SYCA. Ok! Insya Allah kita bantu.

Oleh : EEW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar